Intan dan Tanjung Lesung

Intan dan Tanjung Lesung
Pantai

Senin, 20 Juni 2016

Ikut acara KUTalk15 dapat Tips raih Beasiswa LPDP



Pada Jumat 20 Mei 2016, Kampus Update mengadakan sebuah acara KUTalk yang ke 15 di Loop Station Jl.Raya Mahakam I No.3 Jakarta Selatan. Acara tersebut dihadiri sekitar 40 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa dan mengundang dua pembicara yaitu Tika Nurhasanah (Alumni Farmasi UI, 2009) dan Niko Eka Putra (Alumni ITB, 2011).

Dua pembicara yang hadir pada event itu adalah para awardee beasiswa LPDP untuk S2 Luar Negeri. Semua pasti tahu apa itu beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), Beasiswa di bawah tiga kementerian yaitu Kementerian Agama, Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini sedang menjadi incaran para scholarship hunter  tanah air. LPDP adalah salah satu beasiswa dalam negeri yang sangat menjanjikan karena beasiswa ini mampu memberikan semua dana pendidikan, uang transport, biaya hidup, tunjangan keluarga, bahkan intensif senilai 5000 USD untuk mahasiswa yang berhasil diterima di 20 kampus terbaik dunia. Setiap tahunnya beasiswa LPDP memberikan sekitar 5000 kuota untuk program magister dan doktor yaitu 3000 untuk beasiswa dalam negeri dan 2000 kuota untuk luar negeri. 

Lalu bagaimana sih cara untuk dapat beasiswa yang kini sedang menjadi primadona di Indonesia ini? berikut beberapa tips dari mereka untuk mendapatkan beasiswa LPDP:

1.      Research

Research adalah hal yang paling utama harus dilakukan saat kamu ingin kuliah di luar negeri. Cobalah cari tahu tentang jurusan yang ingin kamu ambil, kampus yang unggul dalam jurusan itu, hingga cari tahu tentang apa saja kualifikasi yang diinginkan beasiswa LPDP. Bila perlu carilah kampus yang masuk dalam top 50 di dunia, hal ini biasanya akan mempermudah kamu mendapatkan beasiswa jika kamu berhasil diterima kampus unggulan tersebut.

2.      Future Career

Setiap ilmu yang kamu pelajari tentu punya tujuan untuk kedepannya, pikirkanlah apa tujuan itu dari hati. Yang paling terpenting adalah apakah tujuan kamu akan bermanfaat untuk Indonesia atau hanya untuk diri sendiri? Pikirkanlah dengan matang hingga kamu dapat meyakinkan interviewer bahwa kamu memiliki future plan yang jelas dan akan berkontribusi besar untuk Indonesia.

3.      Menulis Essay dengan baik

Untuk kuliah di luar negeri dan mencari beasiswa, Essay tentang Motivation Letter adalah persyaratan yang pasti diminta. Biasanya Motivation Letter tersebut ditulis menggunakan bahasa inggris. Motivation Letter tersebut biasanya menjelaskan tentang latar belakang kuliah dan jurusan yang akan diambil yang lagi-lagi terkait dengan future plan kamu. Tulislah Motivation Letter tersebut dengan baik, jika kamu belum terbiasa menulis essay, lakukan latihan setiap hari untuk menulis essay, itu akan membantumu dalam meningkatkan skill menulismu.

4.      Lakukan latihan Interview

Banyak orang yang mengalami gagal di tahap interview dalam mendaftar beasiswa LPDP. Karena memang tidak mudah meyakinkan Interviewer jika kamulah orang yang pantas menerima beasiswa tersebut. Terkadang juga ada hal yang membuat gagal seperti future plan yang kurang jelas, cara berbicara yang terbata-bata karena gerogi membuat Interviewer menganggap kamu berbohong, menerangkan Future Plan dengan muluk-muluk juga terkadang bisa membuat Interviewer tidak tertarik dengamu dan masih banyak faktor lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah latihan interview bersama temanmu, selain bisa sharing dengan teman tentang dimana kekurangan berbicaramu kamu juga bisa menghilangkan rasa gerogi sedikit demi sedikit karena mulai terbiasa dalam hal interview.

5.      Lakukan persiapan dengan baik

Masa persiapan adalah masa dimana kamu mempersiapkan diri sebelum mendaftar beasiswa. Persiapkan dirimu dengan matang, mulai dari meluruskan niat, memikirkan future plan nya, perkuat nilai akademikmu, aktif berorganisasi atau mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan yang kamu suka, hingga meningkatkan kemampuan bahasa asingmu. Lakukan persiapan tersebut dengan baik dan matang, karena masa persiapan ibarat fondasi bangunan yang berpengaruh apakah bangunan itu akan kokoh kedepannya.

  6.  Letter of Acceptance (LoA)

Letter of Acceptance (LoA) adalah bukti diterimanya kamu sebagai calon mahasiswa di sebuah universitas. LoA ada dua macam yaitu LoA Unconditional dan LoA Conditional. LoA Unconditional adalah bukti diterimanya kamu sebagai calon mahasiswa tanpa syarat, sedangkan LoA Conditional adalah bukti diterimanya sebagai calon mahasiswa dengan persyaratan yang wajib kamu penuhi misalnya "Kamu diterima sebagai calon mahasiswa asalkan penuhi skor IELTS mu mencapai 7.0".
nah... usahakan kamu sudah mengantongi LoA Unconditional. Memang tidak semua orang yang memiliki LoA akan diterima sebagai awardee dan banyak juga calon mahasiswa yang belum memiliki LoA namun bisa meraih beasiswa ini. Tetapi jika kamu memperlihatkan LoA mu dari kampus terbaik dunia, masa iya LPDP menolakmu?

Itulah tips dari pembicara KUTalk15 untuk para scholarship hunter diluar sana yang mengincar beasiswa LPDP. Dan yang paling terpenting lagi adalah Jangan mudah menyerah! Jangan menyerah! Jangan putus asa! 

"Beasiswa itu bukan buat orang pintar, tapi buat orang yang mau berusaha"(Ulfah Alifia-Penulis Buku 45 Negara Pemberi Beasiswa)

Tetap Semangat Updaters!







Jakarta 21 Mei 2016
Oleh Intan Hafrida
Media Partner Specialist KUTalk15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar